Kunjungan Perdana Aco Nur sebagai Dirjen Badilag MARI di Pengadilan Agama Balikpapan

Written by Administrator on . Posted in Berita

Disela-sela Pembinaan Teknis dan Administrasi Yudisial dengan Para Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera dan Sekretaris pada Pengadilan Tingkat Banding dan Pertama untuk 4 lingkungan peradilan se-wilayah Kalimantan oleh Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. H. M. Hatta Ali, S.H., M.H. di Kota Balikpapan-Kalimantan Timur. Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H.,M.H. orang nomor 1 di lingkungan Peradilan Agama yang baru dilantik sebagai Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama ini berkesempatan menyambangi kantor Pengadilan Agama Balikpapan.

Aco Nur yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI dan sekarang sebagai Direktur Jenderal Badilag MARI dan menjadi atasan langsung bagi 29 Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh/Pengadilan Tinggi Agama yang membawahi 359 Mahkamah Syar’iyah/Pengadilan Agama di seluruh Indonesia termasuk Pengadilan Agama Balikpapan.

Kebahagian tersendiri bagi kami mendapat kunjungan dari beliau. Pria Kelahiran Bima ini berkeliling memantau sarana dan prasarana yang ada di Pengadilan Agama Balikpapan. Ruangan demi ruanganbeliau kunjungi, bahkan rumah dinas Pengadilan Agama Balikpapan beliau tengok. Mudah-mudahan dari kunjungan ini menjadi motivasi semangat kerja bagi kami di Pengadilan Agama Balikpapan yang telah memperoleh sertifikat  Akreditasi Penjaminan Mutu dengan nilai “A” (Excellent). (YR)

 

Pelaksanaan Eksekusi Tentang Hadhanah (Hak Asuh Anak)

Written by Administrator on . Posted in Berita

Pada hari Senin Tanggal 9 Juli 2018, Panitera/Jurusita Pengadilan Agama Balikpapan melaksanakan putusan (Eksekusi) perkara atas permohonan Eksekusi dari Pengadilan Agama Sangatta dalam perkara gugatan Hadhanah (Hak Asuh Anak).

Pelaksanaan Eksekusi tersebut atas perintah ketua dibantu oleh 3 orang saksi telah datang ke tempat objek yang menjadi sengketa dalam perkara ini yang beralamat di kota Balikpapan.  Penggugat/Pemohon Eksekusi (En) dan Tergugat/Termohon Eksekusi (Fa) yang ditemui di tempat tersebut mendengarkan isi dan maksud dari surat penetapan Ketua Pengadilan Agama Balikpapan tersebut. Objek yang menjadi sengketa dalam perkara ini yaitu 2 (dua) orang anak yang bernama (Ha) dan (Na).

Sesuai dengan Putusan Pengadilan Agama Sangatta yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap, dimana salah satu isi amarnya berbunyi : “Menetapkan 2 (dua) orang anak yang bernama : (Ha) dan (Na) berada dalam Pengasuhan dan Pemeliharaan Penggugat”, Kemudian Penggugat memohon ke Pengadilan Agama Sangatta untuk mengambil kedua orang anak tersebut melalui Pengadilan Agama Balikpapan karena mereka berada di wilayah Pengadilan Agama Balikpapan.  Akan tetapi 2 (dua) orang anak tersebut tidak mau dan menolak untuk diambil dan diserahkan kepada Penggugat/Pemohon Eksekusi (En). Berhubung kedua anak tersebut tidak mau ikut, maka demi fisikologis kedua anak tersebut agar tidak terganggu maka eksekusi ini tidak dapat dilaksanakan (Non-Executable).

(YR)

 

Buka Puasa Bersama dan Santunan Anak Yatim Piatu di Pengadilan Agama Balikpapan

Written by Administrator on . Posted in Berita

Rasa Syukur dan Indahnya berbagi di Bulan suci Ramadhan tahun ini menjadi momentum Pengadilan Agama Balikpapan untuk menyelenggarakan Buka Puasa Bersama dan pemberian santunan kepada  Anak Yatim Piatu dan Terlantar, Fuqara dan Masakin dari Yayasan Al Mustaqim (YASQIM) Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Assakinah Balikpapan. Acara yang dilaksanakan pada hari Rabu, 30 Mei 2018 diusung dengan adanya siraman rohani oleh Ust. Irfanuddin Hasyim, S.Sos. dan buka puasa bersama dan dilanjutkan dengan Sholat Berjamaah bersama anak yatim menambah suasana khidmat dan haru pada saat itu.


Acara buka puasa bersama dan santunan anak yatim ini dihadiri oleh undangan dari Pengadilan Negeri, Pengadilan Militer, Kementerian Agama, Bank Syariah Mandiri serta pegawai pensiunan Pengadilan Agama Balikpapan. Pada Kesempatan buka puasa bersama ini, ketua Pengadilan Agama Balikpapan, Drs. Bahrul Amzah, M.H. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran para undangan sebagai wujud dari ikatan silaturahim yang kuat antar Instansi yang ada di Kota Balikpapan.


“Andaikan segala aktivitas kita niatkan karena Allah, pasti kita bekerja secara ikhlas dan bernilai ibadah, oleh karena itu jangan sampai kita melalaikan Dzikir kepada Allah.” Sepenggal ceramah yang disampaikan oleh Ust. Irfanuddin Hasyim, S.Sos. dari Balikpapan yang memiliki suara khas Zainuddin M.Z. dengan gayanya yang ringan namun berkesan. Dengan terdengar kumandang Adzan Maghrib, acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama dan sholat maghrib berjamaah yang dipimpin oleh M. Thaberanie, S.H.,M.H.I. serta makan malam bersama. Semoga Kegiatan Santunan Anak Yatim dan buka puasa bersama tahun ini membawa keberkahan bagi kita semua. Aamiin. (YR)

 

 

 

Ramadhan di Pengadilan Agama Balikpapan

Written by Administrator on . Posted in Berita

Setiap Tahun Bulan Ramadhan selalu membawa kesan tersendiri bagi seluruh Pegawai Pengadilan Agama Balikpapan, Bagaimana tidak rutinitas dan volume pekerjaan yang meningkat di setiap harinya membuat seluruh Pegawai sibuk dengan aktifitas pekerjaannya masing-masing. Ramadhan membuat kami semakin dekat, rasa kekeluargaan dan kebersamaan semakin erat, hal ini tampak melalui Sholat Dzuhur Berjamaah dilanjutkan dengan tadarus Al-Qur’an, tidah hanya itu, selama bulan Ramadhan setiap hari Jum’at Pagi mendengarkan Siraman Rohani dan dilanjutkan pembelajaran Ilmu Tajwid sebagai peningkatan kualitas bacaan Al-Qur’an kami.

Pembentukan Panitia yang dilaksanakan pada hari selasa, tanggal 15 Mei 2018 yang dihadiri seluruh pegawai, mempercayakan kepada Bpk. Drs. Muh. Yazid Yosa, S.H.,M.H. sebagai ketua panitia amaliah Ramadhan 1439 H. Dari jadwal Imam, Penceramah, Muadzin, tadarus Al-Qur’an hingga buka puasa bersama anak yatim menjadi agenda rapat kepanitiaan.

Kesibukan bekerja terkadang melupakan akan tujuan kita di dalam kehidupan ini. Yang penting bagi kita bekerja. Tetapi kita sering kurang menyadari apa yang kita cari dalam hidup ini. Selain kebutuhan jasmani, kebutuhan rohani pun perlu kita perhatikan. Melalui Kegiatan Siraman Rohani setiap hari Jum’at Pagi selama bulan Ramadhan, dimana diawali oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Balikpapan, Drs. H. M. Kahfi, S.H.,M.H. yang menyampaikan tentang tingkatan orang-orang yang berpuasa menurut Imam Al-Ghozali.

1.Shoumul ‘awam (puasa golongan umum) yaitu puasanya orang yang menahan hawa nafsu dari makan-minum dan kemaluannya;
2.Shoumul khawashi (puasa tingkatan khusus/istimewa) ya’ni puasanya orang-orang shalih dan matang dalam ilmu agamanya dimana mereka dapat menahan anggota tubuh dari segala macam dosa.
3.Shoumul khawashil khawashi (puasa sangat istimewa) Ialah Puasanya orang yang menahan hati dari kemauan yang rendah dan dari pemikiran terhadap duniawi, dan menahannya juga pemikiran kepada selain Allah dengan secara keseluruhan.

Dari ceramah yang disampaikan oleh Bpk. H.M. Kahfi, Timbullah pertanyaan pada diri kita, Sudah termasuk golongan apa, Tingkatan Puasa Kita ? Wallahu a'lam bish-shawabi.

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan Mengajarkannya” sabda nabi Muhammad SAW yang dikutip dan menjadi dasar, Bpk. M. Thaberanie, S.H.,M.H.I. (Hakim Agama Pengadilan Agama Balikpapan) yang mengajarkan dan membenarkan Tajwid bacaan Al-Qur’an kami setelah kegiatan ceramah agama di hari Jum’at selama bulan Ramadhan. (YR)

 

 

 

 

Hilal Tidak Terlihat, Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan Jatuh Pada Kamis 17 Mei 2018

Written by Administrator on . Posted in Berita

 

Jakarta | badilag.mahkamahagung.go.id

Pemerintah menetapkan hari pertama Ramadan 1439 Hijriah jatuh pada Kamis, 17 Mei 2018.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat konferensi pers di Kantor Kementerian Agama, Jl M. H. Thamrin No. 6, Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Penetapan ini didasarkan pada hasil sidang itsbat yang dipimpin langsung oleh Menteri Agama sendiri.

Lukman Hakim menjelaskan, dari 95 titik pengamatan hilal yang tersebar di 32 propinsi, tidak satupun perukyat yang dapat melihat hilal. Akhirnya, bulan Sya’ ban digenapkan (istikmal) menjadi 30 hari.

Berdasarkan sistem hisab, bahwa ijtimak awal Ramadan 1439 H jatuh pada hari Selasa, 15 Mei 2018 bertepatan dengan tanggal 29 Syakban 1439 H pukul 18:48 WIB. 

Tinggi hilal pada saat matahari terbenam di seluruh wilayah Indonesia berkisar antara -1o 36’ sampai dengan -0o 2’. Dari data-data tersebut memang kecil kemungkinan bahkan dipastikan hilal tidak bisa dilihat.

Seperti tahun lalu, sidang itsbat kali ini dilakukan secara tertutup. Sidang itsbat dihadiri oleh Dirjen Badan Peradilan Agama sebagai perwakilan dari Mahkamah Agung, Komisi VIII DPR RI, MUI, BMKG, LAPAN. Selain itu hadir pula dari Bosscha ITB, Planetarium, dan Ormas-ormas Islam. (hirpan hilmi)

sumber foto : kompas.com

Sumber Berita : www.badilag.mahkamahagung.go.id

  • PTA Samarinda
  • PA Samarinda
  • PA Tenggarong
  • PA Bontang
  • PA Sangata
  • PA Grogot
  • PA Tanjung Redep
  • PA Tanjung Selor
  • PA Tarakan