Hakim Amuntai dan Kota Baru Perkuat Pengadilan Agama Balikpapan Kls.I.A.

Written by Administrator on . Posted in Berita

Pelantikan Hakim Pengadilan Agama Balikpapan yang diselenggarakan di akhir bulan Agustus 2018 bertempat di Aula Pengadilan Agama Balikpapan. Ketua Pengadilan Agama Balikpapan, Drs. Bahrul Amzah, M.H. melantik 3 orang hakim baru dari Amuntai dan Kota Baru. Pelantikan dihadiri oleh seluruh pegawai Pengadilan Agama Balikpapan dan tamu undangan dari Pengadilan Agama Amuntai dan Kota Baru. Adapun hakim yang dilantik di Pengadilan Agama Balikpapan Kls.I.A. adalah :

1.Dra. Aisyah, M.H.I. sebelumnya adalah Hakim Pengadilan Agama Amuntai Kls. I.B

2.Drs. Mardison, S.H.,M.H. sebelumnya adalah Ketua Pengadilan Agama Kota Baru Kls.II

3. Ir. H. Syahrian Noor, S.Ag. sebelumnya adalah Hakim Pengadilan Agama Amuntai Kls.I.B.

Dengan Pelantikan ini, maka kekuatan hakim Pengadilan Agama Balikpapan berjumlah 16 Orang hakim dengan perkara yang setiap tahunnya sebanyak kurang lebih 2.500 Perkara. Dalam sambutannya Bahrul Amzah menekankan untuk bekerja Ikhlas, karena jauh dari keluarga diharapkan pikiran harus tenang sehingga menghasilkan kerja yang berkualitas. Mutasi/Promosi adalah hal biasa  bagi semua hakim dan konsekuensi dari Pelantikan ini adalah ketiga orang hakim yang baru dilantik secara resmi menjadi keluarga besar Pengadilan Agama Balikpapan. Selamat Bergabung dan bersama Menuju Era Baru Peradilan Modern berbasis Teknologi Informasi. (YR)

 

 

 

 

Penyembelihan Hewan Qurban di Pengadilan Agama Balikpapan sebagai wujud Keikhlasan, Kejujuran dan Kesabaran.

Written by Administrator on . Posted in Berita

Hari Raya Idul Adha merupakan hari besar umat Islam di seluruh dunia, dimana pada hari tersebut terdapat suatu kegiatan yaitu Penyembelihan Hewan Qurban dengan tujuan beribadah kepada  Allah SWT dan meneladani kisah atau sejarah qurban yang berawal dari peristiwa Nabi Ibrahim yang akan menyembelih Putranya Nabi Ismail. Sebagai Implementasi dari kisah tersebut Pada tanggal 24 Agustus 2018 bertepatan dengan tanggal 12 Dzulhijjah 1439 H Pengadilan Agama Balikpapan menyembelih 3 Ekor Sapi Qurban bertempat di Pengadilan Agama Balikpapan.

Alhamdulillah, setiap tahun Kantor Pengadilan Agama Balikpapan menyelenggarakan penyembelihan hewan qurban yang mana anggota qurban berasal dari Pegawai Pengadilan Agama Balikpapan. Dari kegiatan inilah kita menumbuhkan sifat IKHLAS, karena setiap ibadah memang menuntut adanya totalitas kepasrahan dan kepatuhan. Dengan berbagi kepada sesama adalah pembelajaran bagi kita tentang sifat JUJUR saat pembagian daging qurban kepada tetangga dan pondok pesantren yang ada di sekitar kantor Pengadilan Agama Balikpapan. Dan semua ini tidak terlepas dari tujuan mendidik keimanan dan ketaqwaan seorang muslim kepada Allah SWT sehingga menimbulkan sifat SABAR dalam diri untuk menjadi pribadi yang bersyukur atas segala kebaikan dan kelebihan dari Allah SWT. Semoga..Aamiin.(YR)

 

 

 

 

Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke – 73, PNS PA Balikpapan raih SatyaLencana Karya Satya dan Satya Karya

Written by Administrator on . Posted in Berita

Pelaksanaan upacara bendera dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke -73 di halaman kantor Pengadilan Agama Balikpapan berjalan dengan khidmat, dimana upacara yang dipimpin oleh Wakil ketua Pengadilan agama Balikpapan selaku Inspektur upacara diikuti seluruh jajaran dari Hakim, Pejabat Fungsional, Pejabat Struktural, Tenaga Administrasi serta Tenaga Honorer Pengadilan Agama Balikpapan. Dengan mengambil tema “Kerja Kita Prestasi Bangsa” adalah sebuah harapan dari apa yang menjadi semangat bekerja dan optimisme menjadikan perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan bangsa hingga meraih kemerdekaan RI. Apalagi sekarang kita harus berjuang mengembangkan sistem peradilan Modern berbasis Teknologi Informasi. 

Peringatan HUT RI tahun ini dibarengi dengan penganugerahan Satyalencana Karya Satya dari Presiden RI dan Satya Karya dari Mahkamah Agung RI yang diserahkan oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Balikpapan, sebagai bentuk kesetiaan dan ketekunan dalam melaksanakan tugas sebagai Pejabat dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Mahkamah Agung RI.

1. Satyalencana Karya Satya 30 Tahun dianugerahkan kepada Drs. H.M. Kahfi, S.H.,M.H. (Wakil Ketua), M. Thaberanie, S.H.,M.H.I. (Hakim), Drs. H. Muhammad Kurdi (Hakim), Masnah, S.H. (Jurusita Pengganti);

2. Satyalencana Karya Satya 20 Tahun dianugerahkan kepada Drs. H. Amir Husin, S.H. (Hakim), Drs. H. Akh. Fauzie (Hakim), Drs. H. Abdul Manaf (Hakim) dan Durriyah, S.H. (Kasubag Umum dan Keuangan);

3. Satyalencana Karya Satya 10 Tahun dianugerahkan kepada Zakiah Darajah Muis, S.H. (Panitera Pengganti) dan Iswan Noor Kahpi, S.H. (Jurusita Pengganti);

4. Satya Karya Dwi windu dianugerahkan kepada Nasma Azis, S.Ag. (Panitera Muda Permohonan);

5. Satya Karya Sewindu dianugerahkan kepada Masrani (Jurusita Pengganti), Sapruddin, S.Kom. (Jurusita Pengganti), Iin Agustinara Daryatmi, S.E. (Pengadministrasi) dan Faridah Fitriyani, S.H.I. (Pengadministrasi).

Sebagai wujud syukur seluruh Pegawai Pengadilan Agama Balikpapan dalam memperingati Kemerdekaan RI ke 73 Tahun, selepas peringatan upacara bendera diadakan syukuran pemotongan nasi tumpeng sebagai makna yang harus kita resapi bersama akan kekuasaan Allah SWT dan pentingnya menjaga keharmonisan, kebersamaan, kerukunan dan kerja sama antar sesama pegawai di lingkungan Pengadilan Agama Balikpapan. Aamiin (YR)

 

 

 

 

Sosialisasi P4GN bagi Pegawai Pengadilan Agama Balikpapan

Written by Administrator on . Posted in Berita

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Balikpapan menggelar Sosialisasi P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) kepada seluruh pegawai Pengadilan Agama Balikpapan pada hari Jum’at (27 Juli 2018) di Aula Kantor Pengadilan Agama Balikpapan.

Yang mendasari kegiatan ini adalah Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor : 974/SEK/OT.01.1/11/2017 tanggal 15 November 2017 perihal Pelaksanaan Pemeriksaan Narkoba dan Sosialisasi tentang bahaya Narkoba. Alhamdulillah, Pengadilan Agama Balikpapan dengan surat Nomor : W17-A2/348/KP.05.1/12018 tanggal 25 Januari 2018 kepada BNN Kota Balikpapan untuk permohonan tersebut disambut baik dan siap memfasilitasi kegiatan pemeriksaan narkotika melalui tes urin dan Sosialisasi Bahaya Narkoba di lingkungan Pegawai Pengadilan Agama Balikpapan. Selain itu Ketua Pengadilan Agama Balikpapan, Drs. Bahrul Amzah, M.H. dalam sambutannya mengharapkan agar kita semua beserta keluarga terhindar dari Narkoba dan selalu mengkonsumsi SABU (Sayur-sayuran dan Buah-buahan).

Dari statistik, Penyalahgunaan  Narkotika yang ditangani BNN Kota Balikpapan sampai April 2018, Rawat Jalan sebanyak 82 Orang, Rawat Inap 23 Orang, TAT (Tim Asesmen Terpadu) sebanyak  3 Orang. Kepala BNN Kota Balikpapan, Bpk. Muhammad Daud, S.H.,M.H. yang langsung menjadi pembicara pada Sosialisasi tersebut sangat risau, Bahkan Presiden RI telah menyatakan bahwa “Indonesia Darurat Narkoba” sebuah tugas besar dari bapak yang berpangkat Komisaris Polisi ini untuk menyelesaikan permasalahan Narkoba di Kalimantan Timur Khususnya Kota Balikpapan. Kalimantan Timur dengan Prevalensi Penyalahgunaan Narkoba sebesar 3.23% dari jumlah populasi penduduk 1.978.900 Juta Jiwa setara dengan 63.873 Orang dari yang coba-coba pemakai, Teratur Pakai dan Pecandu.

Setelah acara Sosialisasi, seluruh Pegawai Pengadilan Agama Balikpapan termasuk tenaga Honorer mengikuti Tes Urine. Hal ini sangat penting sebagai langkah preventif agar lingkungan Instansi Mahkamah Agung RI khususnya Pengadilan Agama Balikpapan benar-benar bebas dari penyalahgunaan Narkoba. AAMIIN…..(YR)

 

 

 

 

 

Kunjungan Perdana Aco Nur sebagai Dirjen Badilag MARI di Pengadilan Agama Balikpapan

Written by Administrator on . Posted in Berita

Disela-sela Pembinaan Teknis dan Administrasi Yudisial dengan Para Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera dan Sekretaris pada Pengadilan Tingkat Banding dan Pertama untuk 4 lingkungan peradilan se-wilayah Kalimantan oleh Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. H. M. Hatta Ali, S.H., M.H. di Kota Balikpapan-Kalimantan Timur. Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H.,M.H. orang nomor 1 di lingkungan Peradilan Agama yang baru dilantik sebagai Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama ini berkesempatan menyambangi kantor Pengadilan Agama Balikpapan.

Aco Nur yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI dan sekarang sebagai Direktur Jenderal Badilag MARI dan menjadi atasan langsung bagi 29 Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh/Pengadilan Tinggi Agama yang membawahi 359 Mahkamah Syar’iyah/Pengadilan Agama di seluruh Indonesia termasuk Pengadilan Agama Balikpapan.

Kebahagian tersendiri bagi kami mendapat kunjungan dari beliau. Pria Kelahiran Bima ini berkeliling memantau sarana dan prasarana yang ada di Pengadilan Agama Balikpapan. Ruangan demi ruanganbeliau kunjungi, bahkan rumah dinas Pengadilan Agama Balikpapan beliau tengok. Mudah-mudahan dari kunjungan ini menjadi motivasi semangat kerja bagi kami di Pengadilan Agama Balikpapan yang telah memperoleh sertifikat  Akreditasi Penjaminan Mutu dengan nilai “A” (Excellent). (YR)

 

  • PTA Samarinda
  • PA Samarinda
  • PA Tenggarong
  • PA Bontang
  • PA Sangata
  • PA Grogot
  • PA Tanjung Redep
  • PA Tanjung Selor
  • PA Tarakan