Written by Super User on . Hits: 40

Dekan Fakultas Psikologi UI Kunjungi Badilag
Membicarakan Kerjasama Peningkatan Assesment SDM dan Layanan Konseling di Pengadilan Agama

IMG 05444

Kamis, 9 Juni 2022, Dekan Fakultas Psikologi UI, Dr. Bagus Takwin, M.Hum., mengunjungi Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama dalam rangka pembicaraan rencana kerjasama antara Ditjen Badilag dan Fakultas Psikologi UI dalam rangka pembentukan layanan konseling di pengadilan agama. Dekan Fakultas Psikologi UI didampingi Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum, Dra. Herta Napitupulu, M.M., dan Sekretaris Fakultas Psikologi UI, Dr. Dyah Triarini Indirasari, M.A., Psikolog.

Kunjungan Dekan Fakultas Psikologi UI disambut langsung oleh Dirjen Badilag, Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. yang di dampingi Dr. Chandra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag. , Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Agama. Dalam pertemuan tersebut Dirjen Badilag juga mengundang Supatmi, S.H., M.M., Kepala Biro Kepegawaian MA dan Supandi, S.H., M.M., Kepala Biro Umum MA.

“Selama ini, para hakim dan aparatur peradilan menyadari bahwa dalam kasus-kasus perdata, betapa suatu perkara di pengadilan itu sangat berdampak secara psikis kepada para pihak yang berperkara. Khususnya di peradilan agama, perkara-perkara yang melibatkan anak di bawah umur sangat besar jumlahnya, dan perlu penangan secara serius agar kesehatan mnetal mereka tidak ternganggu.” Demikian Dirjen Badilag membuka diskusi.

Selain pembentukan lembaga konseling, pertemuan juga membicarakan tentang pengembangan SDM di lingkungan peradilan agama dalam peningkatan proses assesment hakim dan pegawai. Hasil dari assessment ini bisa dimanfaatkan untuk banyak hal yakni mendapatkan kriteria orang yang sesuai untuk mengisi jabatan tertentu sehingga tidak perlu lagi menempatkan seorang pemimpin di jabatan yang keliru, mengidentifikasi kader-kader pemimpin potensial di masa depan untuk dipersiapkan secara dini agar lebih terasah kemampuannya, menyusun strategi pengembangan pegawai yang lebih terencana.

Dari hasil assessment yang baik, Badilag akan mengetahui pola penempatan kerja, pertimbangan promosi, serta melakukan pembinaan dan mengetahui apa kompetensi setiap pegawai sehingga bisa diarahkan ke jalur yang sesuai. 

IMG 0570

Topik-topik lain dalam diskusi juga berkembang terkait dengan konteks kerjasaman ini yaitu tentang Assessment Center dan Fit Proper Test bagi Pimpinan Pengadilan pada Badan Peradilan Agama MA RI, layanan Konseling bagi Hakim pada Badan Peradilan Agama MA RI, assessment dan pendampingan Psikologi untuk anak dalam perkara penentuan hak asuh dan perceraian di peradilan agama, pengembangan Kompetensi SDM bagi Hakim dan Aparatur Peradilan di Lingkungan Badan Peradilan Agama melalui penelitian bersama, narasumber Bimtek/ Pelatihan, dan Pendidikan Lanjutan S2 dan S3, dukungan pengembangan alat ukur, metode, tools, dan kompetensi Assessor pada Assessment Center MA RI dan kerjasama pemagangan bagi Mahasiswa Fakultas Psikologi UI pada lingkungan peradilan agama. (ahb)

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Balikpapan

Jalan Kol. H. Syarifuddin Yoes No.1
Kel. Sepinggan Baru
Kec. Balikpapan Selatan
Kota Balikpapan - 76114
Provinsi Kalimantan Timur
Telp: 0542 - 7219469
Fax: 0542 - 7219469
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

lokasi Peta Kantor

© Pengadilan Agama Balikpapan | 2018